• Panduan Simpel Mengawali Usaha Layanan Transportasi Bus

    Sesuai dengan judulnya, kesempatan ini gue dapet artikel bagus meskipun masih simpel, serta berharap berguna

    Usaha Layanan Transportasi telah ketika maju di Jakarta, terutamanya Transportasi Darat, kelihatan dari jumlahnya kendaraan Umum yang lewat di jalanan. Dari usaha layanan tranportasi itu sering yang sukses, tetapi cukup banyak juga yang pailit. Berikut ada banyak panduan simpel bisnis sewa bus pariwisata jakarta dari Kepala PO bis supaya kamu yang ingin buka usaha layanan tranportasi tidak ketarketir saat andamulai membuat usaha itu. Cek this out!

     

    1. Tetapkan Pilihan Tipe Layanan Transportasi Yang Kamu Rintis (Reguler atau Pariwisata)

    Untuk mengawali usaha perbisan, seharusnya diambil diantara dahulu apa ingin masuk ke usaha bus reguler atau wisata. Semasing tipe mempunyai ciri-ciri yang tidak sama dengan hal risiko, skema operasi serta ongkos operasionalnya.

    Bus Reguler berkaitan erat dengan faktor-faktor, diantaranya:

    a. Apa trayek di jalan yang diambil masih terbuka atau telah tertutup ?

    Jika masih terbuka kita dapat ajukan langsung ke Departemen Perhubungan untuk Trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) lewat Ditjen Hubdar. Jika telah tertutup kita harus mengakuisisi trayek dari satu PO yang akan dipasarkan.

    b. Bagaimana Ciri-ciri Kompetitor di Jalan / Trayek Itu ?

    Jikalau kompetitor di jalan itu ialah PO-PO banyak (yang mempunyai armada sering serta baru-baru) jadi kita harus siap dengan taktik kompetisi yang masak, terhitung dengan penentuan armada yang bagus serta tentu saja bermodalkan yang lumayan.

    c. Bagaimana Tingkah laku Penumpang di Jalan Itu?

    Apa penumpang fanatik di PO khusus atau di merek Chassis khusus ?, apa mereka suka dengan bus yang ngeblong ? atau bus yang nyantai ? semua kita dalami dahulu buat tentukan merek armada apa yang mampu kita pakai untuk kompetisi

    Bus Pariwisata berkaitan dengan faktor-faktor berikut:

    a. Kekuatan Pasar yang Dijaring

    Di tiap wilayah berpotensi pasar yang bermacam-macam. Contohnya di Jawa Timur (di wilayah kultur NU) kekuatan konsumen setia bis wisata untuk ziarah Wali Songo benar-benar banyak. Di Jakarta kekuatan konsumen setia wisata Karyawan serta Pelajar yang benar-benar banyak, oleh karena itu taktik marketingnya jelas tidak sama. Untuk memperoleh pasar peziarah Wali Songo kamu harus dekati kelompok-kelompok pengajian, sedang untuk pasar Karyawan serta Pelajar kamu harus dekati Travel Agent, Moment Organizer (Out Bound Organizer dan Guru-Guru Sekolah).

    b. Potensi Daya Beli Konsumen setia

    Potensi daya beli konsumen setia mesti di survey hingga kamu dapat tentukan armada yang kamu menawarkan apa kelas VIP (seat 2-2) atau kelas AC Biasa (seat 2-3) atau serta kelas ekonomi (seat 2-3 Non AC).

    c. Karakter Kompetitor

    Mesti dilihat karakter kompetitor kamu, armada kelas apa yang sangat sering mereka gunakan (yang sangat laris) ? apa yang AC 2-2, 2 – 3 atau ekonomi. Bagian positif serta negatif apa yang dipunyai oleh mereka berdasar pendapat dari konsumen setia mereka. Ini penting untuk menghindarkan supaya bagian negatif yang dipunyai oleh kompetitor kamu tidak ada di area kamu, serta bagian positif kompetitor kamu dapat kamu saingi.

    2. Tetapkan Merek Chassis Armada yang Kamu Pakai

    Penetapan armada yang mampu pakai penting sebab demikian kamu salah pilih, cuma

    sebab unsur suka, emosional atau gengsi, jadi kamu mampu masuk dengan permasalahan banyak.

    Dalami ciri-ciri semasing produk dari bagian :

    a. Ketahanan / Keandalan Kendaraan

    Seharusnya kamu pilih kendaraan dengan ketahanan serta keandalan yang tinggi (awet, tidak mudah rusak). Tidak ada kelirunya kamu lakukan bench marking dahulu.

    b. Ongkos Operasional (Mengonsumsi BBM serta Gampang Perawatan)

    Seharusnya kamu pilih kendaraan yang hemat mengonsumsi BBMnya serta perawatannya gampang.

    c. Tersedianya / Keringanan Spare Parts

    Seharusnya kamu pastikan jika spare parts kendaraan bisa didapat dengan cepat dan mudah di wilayah operasi bis kamu. Jadi pemula tidak dianjurkan untuk pilih kendaraan yang langka / susah spare partnya atau armada yang baru diluncurkun oleh satu pabrikan untuk eksperimen (belum teruji mutunya) .

    d. Ketertarikan Konsumen setia

    Seharusnya kamu memerhatikan ketertarikan konsumen setia pada merek yang disenangi, tapi kamu jangan tetap terjerat di kemauan mereka, malah seharusnya kamu mempunyai taktik untuk memberi edukasi pada konsumen setia kamu jika bus yang kamu gunakan tidak kalah mutunya dengan merek bus yang mereka meminati (jikalau berbeda dengan ketertarikan konsumen setia di biasanya).

    e. Armada Sisa atau Baru ?

    Jikalau kamu mengawali usaha bus dengan benar-benar serius, untuk langkah pertama seharusnya kamu beli armada 100% baru. Memang ini memerlukan investasi banyak, tapi untuk minimal lima tahun pertama (jika kamu pakai untuk wisata) atau 2 tahun pertama (jikalau kamu pakai untuk trayek reguler), kamu terlepas dari risiko kerusakan-kerusakan kendaraan.

    Sesudah kamu mempunyai beberapa armada baru, kamu dapat beli penambahan (cadangan) armada sisa yang merknya semacam. Kenapa ?, agar mempermudah montir kamu memahami sangkut-paut serta ciri-ciri chassis yang kamu pakai. Karena jika kamu memiliki armada yang bermacam-macam, membuat montir kamu tidak peka pada ciri-ciri chassis itu

    3. Pilih SDM Yang Pas

    Diakui atau mungkin tidak diakui usaha bus ialah usaha yang benar-benar “berani” sebab fakta:

    – Pemilik bis mempertaruhkan investasinya yang beberapa ratus jt rupiah ke tangan kru.

    – Pemilik mempertaruhkan rekam jejak /nama baik serta service penumpang / konsumen pada Kru. (Konsumen setia bis sepanjang berjam-jam di perjalanan berhubungan, lihat polah-tingkah serta tingkah laku kru)

     

    Walau sebenarnya disadari atau mungkin tidak Kru (terutamanya Sopir), sebagian besar bukan orang yang berpendidikan tinggi. Tetapi tidak bermakna jika orang pendidikan tinggi tetap berperilaku baik, sebaliknya orang berpendidikan rendah berperilaku jelek. Tidak layaknya itu.

    Pilih Kru yang baik buat PO yang baru berdiri memang sedikit susah. Umumnya kru yang baik-baik telah betah di PO yang banyak serta tidak mau coba-coba geser ke PO baru. Bagaimanapun kamu harus dapat cari kru yang berperilaku baik. Salah pilih Kru bermakna kamu mempertaruhkan harta beberapa ratus jt rupiah dan rekam jejak kamu pada orang yang salah.

    Tidak hanya Kru (Sopir serta Kenek yang baik) jadi Sisi Operasional serta Montir yang baik harus juga disiapkan dengan berhati-hati. Sering sekali kebocoran PO karena oleh beberapa orang sisi operasional serta montir yang tidak dapat diakui. Seharusnya kamu cari rujukan serta kenal dengan benar-benar tingkah laku SDM andi di bagian ini.

    Untuk bis Reguler yang tidak kalah penting untuk kamu lihat ialah kamu harus berhati-hati pilih Control serta Agen Pemasaran. (Sebab mereka mempunyai potensi konspirasi dengan Kru yang buruk untuk bikin rugi perusahaan, contohnya dengan meningkatkan penumpang Sarkawian atau Paket Gelap)

    4. Pilih Kehidupan Yang Pas Supaya Dapat Mengurus Stress

    Mengurus layanan transportasi ditambah lagi bis reguler, tuntut persiapan kamu 24 jam penuh untuk kerja. Memerlukan mobilitas tinggi untuk mengurus kendaraan kamu yang dapat rusak atau kecelakaan di area yang tidak dekat sama tempat tinggal kamu.

    Jika kamu mengurus bis reguler yang pergi pagi serta pulang sore, jadi tiap malam kamu harus pastikan jika bis kamu esok pagi siap diberangkatkan dengan keadaan kendaraan serta kru yang bugar.

    Jika kamu mengurus bis malam jadi kamu harus siap jika larut malam kamu bisa berita kendaraan kamu rusak atau kecelakaan, serta kamu jangan cemas.

    Jika kamu mengurus bus wisata kamu harus siap dengan complain dari konsumen setia (penyewa)

    Disamping itu kamu harus juga teratur serta disiplin memakai uang, sebab jika kamu mengurus bis reguler, tiap hari uang mampu masuk serta tiap hari uang harus keluar untuk operasional.

    Jika kamu mengurus bus wisata jangan gegabah memakai uang yang telah dibayarkan oleh konsumen setia sebelum bus jalan, sebab dapat berlangsung kerusakan armada dimana kamu harus menemukan bus alternatif dengan biaya yang biasanya tambah mahal.

    Yang tidak kalah penting harus dijaga ialah, sebab tingkat stress yang tinggi, serta kamu kemungkinan diketahui oleh orang luar jadi orang kaya, bujukan hidup ketika dari judi, narkoba serta wanita dapat mendekati kamu setiap saat.

    Jangan sampai dipengaruhi. …, telah sering cerita riil pengusahaa PO banyak hancur sebab godaan-godaan itu

    Itu barusan sekedar hanya share mudah, silahkan disikapi jika ada yang tidak sepakat…

    Tetapi jangan takut untuk meniti jadi entrepreneur PO yang sukses

     

    Selamat Coba….


  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :